NAMA : Syarah Mardiyanti
NPM : 1A514601
KELAS : 3PA07
MATA KULIAH : PSIKOLOGI MANAJEMEN #
DOSEN : FAAIZA SUPANDI
PERUSAHAAN
BUSANA “SARA COLLECTION”
Visi:
Menjadi
perusahaan fashion busana yang memberikan produk-produk berkualitas serta
memiliki pelayanan yang baik dan menjadi perusahaan terkemuka dalam trend
fashion di dunia.
Misi:
v
Memproduksi
busana dengan kualitas bahan yang baik.
v
Menciptakan
desain yang inovatif dan kreatif agar mampu bersaing di industri fashion
nasional maupun internasional.
v
Menyeleksi
karyawan dengan syarat harus memiliki etika dan SDM yang baik agar tercapainya
kepuasan pada pelanggan.
v
Mampu
memenuhi kebutuhan busana konsumen dengan membuat banyak varian ditinjau dari
desain dan warna produk yang disesuaikan dengan gender dan usia.
v
Membuat
banyak relasi terhadap berbagai perusahaan industri fashion baik lokal maupun
luar negeri agar eksistensi perusahaan tetap terjaga
Standard Operational
Procedure “SARA
COLLECTION”:
- Ketentuan karyawan:
1.
Sales
2.
Kasir
3.
Petugas kebersihan
4.
Satpam / Security
- Sistem kerja
Sistem kerja
yang dilakukan yaitu pembagian shift per-hari. Pembagian shift yang pertama
yaitu shift siang pada pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB, shift yang kedua yaitu
shift sore pada pukul 16.00 WIB – 22.00 WIB. Rentang waktu tiap shift yaitu 5
jam dan segala bentuk pergantian shift dapat dikondisikan.
- Prosedur Penanganan Pelanggan
1.
Penerimaan dan Penawaran Produk terhadap Pelanggan (Sales)
v
Bersikap ramah dan mengucapkan salam kepada setiap pengunjung yang datang.
v
Menawarkan
setiap produk yang dijual di butik SARA COLLECTION.
v
Menanyakan
produk yang dibutuhkan oleh pengunjung yang datang ke butik.
v
Memberikan
informasi yang benar kepada pengunjung yang datang.
v
Bersedia
menyiapkan barang
yang di pesan oleh pengunjung kemudian membuatkan faktur belanja untuk
pengunjung.
v Tetap bersikap ramah walaupun pengunjung tidak jadi
membeli produk SARA COLLECTION.
v
Merapikan
kembali produk yang tidak jadi dibeli oleh pengunjung.
2. Proses
Payment dan Packing (Kasir)
v
Kasir
wajib menyapa customer sebelum
menerima barang yang akan dibeli.
v
Kasir
menyebutkan barang-barang apa saja yang dibeli oleh customer.
v
Kasir
mulai melakukan proses scan harga baju yang ada di label barang yang akan
dibeli.
v
Kasir
memberitahukan kepada customer harga
yang mesti customer bayar.
v
Kasir
wajib menanyakan kepada customer
melakukan pembayaran melalui cash atau debit.
v
Kasir harus teliti dalam penghitungan uang yang diberikan
maupun uang pengembalian.
v
Setelah
pembayaran, kasir memasukkan barang yang sudah dibayar kedalam paper bag.
v
Kasir
memberikan paper bag kepada customer, mengucapkan terima kasih, dan selalu
beritahukan customer agar datang
kembali ke butik.
- Prosedur Penanganan Butik
1. Petugas
Kebersihan
v Periksa
kelengkapan alat kebersihan yang dibutuhkan di dalam butik.
v Sebelum
butik buka, petugas kebersihan harus membersihkan seluruh isi dari butik SARA
COLLECTION, mulai dari menyapu dan mengepel lantai, sampai mengelap jendela dan
membersihkan etalase dari segala bentuk debu.
v Periksa
kebersihan butik tiap 1 jam sekali.
v Diperkenankan
hanya untuk mengepel lantai apabila sedang ada pengunjung, dan tidak boleh
menyapu maupun mengelap selama masih ada pengunjung.
v Bersikap
ramah terhadap pengunjung maupun karyawan lain ketika sedang melakukan
pembersihan.
v Periksa
dan buang isi dari tempat sampah yang berada di dalam butik agar tidak sampai
menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap.
2. Keamanan
Butik (Security/Satpam)
v Membukakan
pintu gerbang masuk apabila pengunjung akan datang maupun akan keluar, serta
bersikap ramah dan sopan santun.
v Tiap
satpam harus menyebar di tiap titik lokasi yang sudah ditentukan, tidak boleh
berkumpul/berkubu dalam satu titik lokasi.
v Fokus
dan konsentrasi dalam memperhatikan keamanan sekitar butik.
v Waspada
terhadap segala gerak-gerik yang mencurigakan di dalam sekitar butik.
v Bertindak
secara tegas apabila ada pengunjung yang melakukan hal mencurigakan.
v Menegur
pengunjung apabila pengunjung melakukan hal yang tidak senonoh terhadap produk
butik SARA COLLECTION.
v Membantu
pengunjung, sales, maupun kasir
apabila memerlukan bantuan.
v Melakukan tindakan darurat pengamanan apabila terjadi
kerusakan alat yang menyebabkan kebakaran.
v Menegaskan kepada
para pengunjung untuk tidak merokok di dalam butik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar